My Bells

Waktu itu pas lagi libur semester pertama kelas XI. Tepatnya setelah taun baru. Pulang dari renang bareng temen- temen, sampe rumah berasa ada yang aneh. Semacem kram di daerah muka. Awalnya sih bodo amat, saya pikir cuma kecapean, tapi waktu kebetulan pas di depan kaca, nggak sengaja nguap, hooaaam! 

Daaaan, waktu itu lah keliatan kalau ada yang janggal di muka saya. Jadi, ceritanya (ini fakta lho) muka saya yang sebelah kiri nggak bisa gerak. Mati tapi cuma sebelah. Kalau mau buka mulut, mulut bagian kiri nggak bisa kebuka, mau nutup mata, kelopak mata bagian kiri nggak bisa ketutup, mau ngangkat alis, alis yang kiri nggak bisa naik, yang naik cuma sebelah, bete juga kan..

Akhirnya saya memutuskan untuk search di internet tentang gangguan yang saya alami -___-. Dan akhirnya saya tau kalau saya terkena Bells Palsy. Namanya sih keren, tapi penyakitnya samasekali nggak keren! Jadi ternyata ini adalah gangguan yang menyerang syaraf muka nomer 7 dan disebabkan oleh angin (cieh hafaaal). Gila, cuma angin doang!

Waktu itu sempet bingung sih gimana bilangnya ke mama. Dan bener aja, setelah mama tau, langsung deh panik berlebihan. Dikiranya saya kena stroke (amit- amiit, tapi emang sih kayak orang stroke beneran). Tapi akhirnya mama sedikit tenang waktu saya kasih hasil searching saya di internet.

Besoknya mama ngajakin ke dokter, dan voila! Bener aja, semuanya sesuai dengan informasi yang saya dapatkan sehari sebelumnya. Dan satu- satunya penyembuhan yang bisa dilakukan adalah dengan terapi syaraf sampai bener- bener sembuh.

Bukan penyakit yang parah dan sama sekali nggak mengkhawatirkan.. Tapi sumpah ganggu banget! Mau makan nggak bisa, minum nggak bisa, niup nggak bisa, mau minum pake sedotan aja juga nggak bisa nyedot, mau ngomong susah, mau ketawa muka malah makin aneh, mau sikat gigi susah, kumur- kumur airnya muncrat terus gara- gara mulut yang kiri nggak bisa nutup rapat, mau tidur tapi mata yang bisa ketutup cuma yang kanan, yang kiri masih setengah melek, dan parahnya lagi kalau ngaca. Mau latihan buka mulut, eh muka malah keliatan kayak orang perot, akhirnya malah geli sendiri dan bikin susah nahan ketawa, makin ngakak makin aneh aja tu muka, makin aneh malah bikin tambah ngakak liat muka sendiri nggak beraturan.

Oya, yang jauh bikin bete, kalau ketemu sama orang lain. Kalau ketemu orang, kita pasti harus senyum kan?? Nah pas lagi kena si Bells palsy itu, kalau kita senyum malah kayak orang belagu dan nyengir nantangin (ya iyalah secara yang bisa senyum cuma sebelah doang mukanya)aaah pokoknya sengak banget deh tu muka. Niatnya senyum, tapi jatuhnya malah jadi kayak gitu. Alhasil kalo ketemu orang di jalan, saya cuma bisa nurunin kepala aja. Nggak nyapa, nggak senyum. Daripada oranglain salah sangka saya dikira nyepelein dan belagu??
Yang saya syukuri, untung saja saya terkena bells Palsy waktu liburan. Jadi bisa terapi rutin setiap hari selama berjam- jam dan otomatis jadi proses penyembuhan bisa lebih cepet. Walaupun sempet beberapa hari di sekolah harus pake jaket+slayer biar nggak kena angin, tapi yaudah lah. Dan akhirnya....memang benar- benar sembuh. THX GOD :D
Sedikit informasi saja, kalau mau terhindar dari gangguan ini, ada baiknya kalau kita lagi naik motor, kaca helm di tutup dan menggunakan masker atau slayer untuk menghindari angin. Atau kalau turun dari pesawat, sebaiknya juga memakai jaket (apapunlah, yang penting jangan kontak langsung sama angin):D

No comments:

Post a Comment