Agama Lagi

Saya pernah beberapa kali ngalamin diskriminasi kecil tentang agama. Dinilai nggak total dalam memeluk agama yang saya anut. Ya, memang saya akui saya bukan orang agamis, tapi kesungguhan orang siapa yang bisa tau.

Agama itu ya hubungan vertikal kita sama Tuhan. Yang paling tau iman kita, ya kita sendiri sama Tuhan. Orang lain enggak. 

Kadang saya heran sih kenapa orang lain sampe ada yang nilai kadar keimanan kita. Ya itu masih sepele mungkin itungannya, bahkan saya juga pernah liat orang men-tidak benar-kan agama lain secara terang-terangan, dan memicu keributan. Katanya Indonesia negara Bhineka Tunggal Ika, tapi masalah agama tingkat mikro semacem ini masih aja ada.


Apa patut orang yang notabene agamis, berpandangan seperti itu? Lalu dimana ajaran agamanya yang tentang jangan mengusik orang yang lain iman dan menjaga kerukunan sesama manusia. Agamis tapi bikin resah dengan alasan agamanya sendiri, menurut saya itu hal yang sangat berkebalikan.

No comments:

Post a Comment