Ketipu Penampilan

Kejadiannya pas awal- awal kelas 3 SMA, hari itu saya pulang sekolah ke rumah naik Transjogja. Jam 2 siang, shelter rada sepi. Waktu saya masuk dan bayar ke petugas, saya liat cuma ada mbak- mbak yang nunggu sambil baca buku kecil, tapi rada tebel waktu saya liat dari jauh. 

Setelah masukin kartu, saya duduk di sebelahnya, dan itu yang bikin saya merinding gilaaaa, berasa darah saya jadi kayak sprite dah! Ternyata yang dibaca mbaknya adalah Al-Qur'an. Merinding nggak tuh liat cewek tanpa kerudung, nunggu bus sambil baca Al- Qur'an? 

Suaranya pelan, sayup- sayup saya denger karena kalah sama suara kendaraan. Berasa nemu oase di siang- siang nyengat gerah gini. Ya bukan apa- apa, saya sebagai orang yang jarang beribadah seperti itu,  'nggumon' aja gitu. Tapi hati ini lebih ketampar men sebenernya. Ya malu aja, saya mah bawa Al-Qur'an waktu pergi- pergi biasa juga masih kadang-kadang.
Tapi serius salut banget, ini Mbaknya orang rajin ibadah tanpa harus menunjukkan keidentikan-nya. Yah sekarang kebanyakan orang udah ngecap orang yang pake kerudung pasti soleh, yang nggak pake kurang soleh, atau apalah gitu. Dan dengan liat si Mbak ini, semoga teori kayak gitu bisa terpatahkan. Nggak semua bisa kita lihat dari apa yang orang lain pake.

No comments:

Post a Comment