JLFreedayRude

Tadi malem, saya pulang ke rumah habis dari kampus. Pas di jalan deket rumah, saya ketemu sama rombongan orang yang 'naik sepedanya sebulan sekali' itu. Udah lama saya denger kalo mereka itu rusuh di jalan, dan ternyata emang bener -_-

Lampu lalu lintas dari arah saya nunjukin warna ijo, kendaraan di depan udah pada maju. Tapi di tengah mereka di sorak- sorakin, di teriakin sejadi- jadinya gara- gara ngalangin jalan mereka. Hey, salah kendaraan itu apa? Lampu udah ijo, hak mereka buat jalan, dan nggak ada aba- aba yang baik dari siapapun untuk nggak boleh jalan.


Akhirnya kendaraan pada berhenti, dan rombongan itu  dapet 'jalannya'


Kesel iyalah pasti. Tapi ada poin penting sebenernya yang bisa diambil dari kejadian semalem:


Pertama, 'ruang' tunggu sepeda yang ada di tiap stop-an, yang warnanya ijo itu tuh, dibuat juga karena biar kita sadar, kalo sepeda juga mesti berhenti di lampu merah dan baru boleh jalan pas lampu udah ijo. Bukan mentang- mentang naik sepeda, lampu merah terus boleh jalan seenaknya. 


Kedua, kalo emang itu sebuah 'moment' dan harus motong jalan karena sifatnya rombongan, harusnya ada orang dari pihak mereka (entah itu polisi atau siapalah) yang tugasnya ngasih aba- aba ke kendaraan lain untuk berhenti sampe rombongan itu lewat, kemudian ngatur lalu lintas biar kembali stabil.


Ketiga, gimana sepeda mau disejajarin sama kendaraan lain kalo mereka masih bersikap kayak gitu? Kalo ngerasa boleh nyelonong pas lampu lagi merah, jangan ngerasa kesel kalo sepeda masih dianggep jadi kendaraan 'sampingan' di jalan. Kalo mau sejajar sama kendaraan lain, ya aturannya harus sama. Yaaah, gitu deh.

No comments:

Post a Comment